Rabu, 16 Mei 2012

Amplop di depan mesin ATM

Tiap kali mau menggunakan mesin ATM selalu saja merasa terganggu dengan ibu-ibu dan anak-anak di depannya yang membawa amplop.
Tulisannya macem-macem, mulai dari atas nama yayasan sampai 'Minta Uang Buat Beli Makan'. jujur saya pernah emosi lihat ibu-ibu yang bawa amplop dengan tulisan itu.
apa coba maksudnya 'Minta Uang Buat Beli Makan'? dikira saya selama ini makan dari makanan yang jatuh dari langit apa? Dikira bapak saya ngasih saya uang buat makan dari metik di pohon duit yang tumbuh dengan sendirinya di depan rumah? Kalau anda ingin makan, anda harus bekerja, bukan meminta dengan cuma-cuma seperti itu. Iya kalau undian, itu pun masih ada syarat dan ketentuan kan? kalau udah tau di dunia ini semua harus bayar seharusnya ya ada usaha yang pantas biar bisa memenuhi kebutuhan, bukan minta hasil usaha orang seenaknya gitu!!
Mungkin seperti itu makian dalam hati saya saat itu. melihat ibu itu sehat dan nggak cacat fisik sama sekali. bahkan orang cacat pun masih punya usaha untuk memenuhi kebutuhannya, mereka mandiri dan nggak putus asa meskipun Tuhan ngasih mereka kekurangan. seharusnya kan mereka malu sama perjuangan orang-orang itu? mereka masih sehat dan kuat untuk bekerja, kenapa harus merusak harga diri mereka menjadi peminta-minta?
Ya maaf sebelumnya, bukannya nggak mau bersedekah, tapi saya rasa mereka keterlaluan!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar