Sabtu, 26 Mei 2012

Tentang MTD 2012 dan sedikit tentang move on

Sebenarnya nggak ada rencana buat ikut meramaikan MTD tahun ini, tapi tadi malem nggak sengaja diajak sama Nuphi...
Sebelumnya, keterangan dari MTD adalah suatu festival yang diadakan oleh pemkot Malang buat ngerayain ulang tahun Kota Malang. Acara Malang Kembali ini diadakan tiap tahun, biasanya sih selama tiga malem, eh apa tiga hari tiga malem yah? Nggak tau deh pokoknya segitu lah..
Ya disini ini bakal menjadi tempat berkumpulnya manusia-manusia penghuni Kota Malang dan sekitarnya. Kalau udah agak sore gitu, di Jalan Besar Ijen (tempat diadakan festival ini) udah jadi lautan manusia, dan semakin malam semakin bertambah manusia yang hadir. Selain itu, jalanan ke arah Jalan Ijen juga padat merayap, bahkan nggak jarang sampe macet.
Disana itu banyak stan-stan yang jual macem-macem jajanan dan benda-benda yang bisa dibilang tradisional dan etnik gitu. Makanan dan minuman khas MTD adalah Goelali dan Es Gandoel. Soalnya dua jenis jajanan ini yang paling sering jadi sasaran anak kost, maklum seribu rupiah doank! :D
Yang bikin saya pusing disini itu, selain jubelan, tiap-tiap stand masang tulisan dengan tulisan tempo doeloe yang bikin mata saya kelilipan leptop 16". Tulisan yang tadi malem sempet saya baca antara lain : "Goela Katjang", "Segho Tjeker", "Moetmoetan", dan "Loepis". Sebenernya banyak, tapi lupa.. :p
Udah mata saya rabun (tapi males pake katja mata), saya sehari semalem, ditambah sehari lagi nggak tidur. Hitung sendiri berapa jam! Jadi liatnya itu kayak dikerubungin semut segede traktor, remang-remang, dan berputar-putar.
Ya emang sih ada deadline buat ngerjain proposal skripsi, tapi malam itu nggak dilaksanakan. Alasan nggak tidur waktu itu adalah twitteran (nggak elegan banget sebagai mahasiswa semester lansia). Siangnya harus ngampus sampai sore gara-gara harus ketemu dosen dan ketemu orang-orang biar tetep eksis meskipun sudah tua.
Jadi tadi malem itu banyak banget mbak-mbak yang unyu dateng pake high-heel, biar tetep kelihatan cantik kali yah? Padahal harus jalan kaki dengan keadaan yang sangat bejubel dan jarak sekitar dua kilometer. Wow! Meskipun bentuknya wedges tetep aja capek (untung nggak ketemu sama yang pake stiletto), wong saya pake sandal jepit aja rasanya kaki kayak dilindes pesawat. Padahal festival ini identik dengan pakaian traditional. Ya kayak pake kebaya, dandan ala orang belanda, dandan ala pahlawan tempo dulu, pake celana kolor kaos oblong trus slempangan sarung, dan yang paling simpel adalah pake batik. 
Nah, kalau di Malang ada Festival Tempo Doeloe buat ngerayain hari jadinya, kenapa yah kok nggak diadain aja Festival Jomblo Galau buat ngehibur mereka yang susah move on? Kan sama-sama mengingat masa lalu gitu. Kenapa ada yang gagal move on? Bukan karena mereka sejarawan, atau mahasiswa jurusan sejarah, tapi mereka nggak tau bagian-bagian yang harus dikenang atau enggak. Sejarah itu penting kok, biar kita nggak mengulang kejadian bodoh yang pernah kita lakukan, biar kita tau yang harus kita lakukan biar lebih maju dan sukses dan biar kita termotivasi untuk jadi lebih baik.
Kalau dihubungin sama move on sih, sejarah hubungan sama mantan bisa dijadiin acuan. Misalnya gini, kamu pernah melakukan suatu tindakan bodoh sama mantan, kamu harus melakukan hal yang lebih baik dong sekarang, bukan menyesali kenapa kamu harus putus sama dia. Atau kalau kamu udah disakiti mantan, pasti kamu bakal bercita-cita punya yang lebih baik dari dia kan?? Sekilas itu deh fungsi sejarah dalam kehidupan move on.
Iya saya jomblo! tapi kan saya jomblonya bukan gara-gara nggak bisa move on. Saya itu jomblo karena Tuhan belum ngasih ijin sama pangeran hati saya buat ketemu sama saya (Ngehibur diri dikit). Saya sudah move on setelah menerima kenyataan kalau ke-tidak move on-an dapat menyebabkan ketidak harmonisan antara otak dan hati saat menjalani hari-hari bersama skripsi.
Okeh, gitu aja!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar