Selasa, 20 Maret 2012

Potret mahasiswa menuju proses kedewasaan

nggak sengaja liat di pengumuman pas habis kuliah bahasa inggris tadi.
minder juga sih nyeriatain hari gini masih kuliah.
saya semester delapan dan masih kuliah dua puluh empat sks.
bener-benar mahasiswa yang istimewa..


pernah denger sih dari temen kalau 4l4y merupakan tahap menuju kedewasaan.
kalau usia SMA atau SMP sih wajar, menurut saya.
tapi kalau udah mahasiswa masih aja 4l4y, itu namanya dewasanya kelamaan!!
kata temen saya yg neliti soal yang demikian itu -ini soal psikologi pendidikan, penelitiannya beneran-, 4l4y memeng merupakan salah satu proses psikologi untuk dewasa.
percaya aja dah saya sama temen saya.. tapi saya belom pernah jadi 4l4y, pertanyaannya apakah artinya saya belom dewasan?!


menurut saya, ciri-ciri orang 4l4y ada 2 jenis berdasarkan cara berbahasa.
yang pertama, dilihat dari dia membuat nama di facebooknya. manusia 4l4y akan mengajak orang sekampung nyumbang nama. jadi nama dia panjaaaaaaaaaanng banget!! dan seringkali nggak bisa dibaca mata normal... check this out!! nama facebook 1 dan nama facebook 2. kebetulan yang pertama ada mutual friend satu orang sama saya, nggak sengaja nemunya, eh si cowoknya 4l4y juga..
yang kedua, dari cara mereka menulis. manusia yang menuju dewasa itu biasanya nulisnya besar-kecil-besar-kecil, mengganti huruf dengan angka, atau menambah dan mengurangi huruf baku yang seharusnya menyusun sebuah kata bahasa indonesia. mungkin mereka itu pas sumpah pemuda nggak ikutan, jadi ya nggak tau kalau bahasa persatuan itu BAHASA INDONESIA. ini contoh kasus dalam status facebook seorang manusia. dulu sih dia nge-add saya, tapi karena saya risih dengan komen dan status dia yang bikin mata sakit jadi saya remove!!


ini ada satu lagi punya temennya temen saya.. hehe...




nah, inti dari tulisan saya adalah pengumuman yang saya baca di kampus tadi. kok ada yang aneh sama pengumumannya?? dan akhirnya saya sadar bahwa pengumuman itu mengandung bahasa 4l4y.
check this out!!


4l4y atau tidak itu memang urusan kalian. tapi kalian juga harus memikirkan untuk siap terjun di masyarakat. apa nanti kalian mau ngisi blanko atau surat apa gitu, pakai bahasa yang seperti itu?? kalau kebiasaan kan jadi keterusan. sedikit demi sedikit dewasa lah.. :) kita akan menjadi masyarakat dan tua itu pasti, tetapi menjadi dewasa dan dihormati adalah pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar