Senin, 30 April 2012

Anak kecil di Agriranch

Aku sampe bingung, kata-kata apa yang bakal aku pake? nggak nemu kata-kata buat ngungkapin perasaanku. sumpah ya, seumur hidup sampe tua gini belum tau rasanya dibentak sama orang tua.
Ibukku adalah ibu terbaik sepanjang masa, nggak pernah bentak sama sekali kalau marah, sabar, pokoknya aku merasa disayang banget.
Bapakku adalah ayah nomor satu dunia akhirat, apapun yang aku minta pasti diusahakan, nggak pernah marah dan selalu mengantarku kemanapun selama beliau mampu.
itu yang bikin aku nyesek pas tau kejadian di lokasi penelitianku.
jadi gini, aku kan penelitian di CV. Agriranch Karangploso Kabupaten Malang, neliti soal USG kambing gitu *ngerasa keren* trus disitu banyak banget pegawainya, kambing sama dombanya juga banyak disitu, apalagi anjingnya, tapi yang paling berkesan seremnya itu ada makhluk istimewa berkaki delapan yang bergelantungan di sarangnya. kenapa istimewa? karena dia satu-satunya binatang seram yang jadi nama surat di Al-Qur'an dan diceitakan menolong Ashabul Kahfi dengan jaring-jaring mereka, tapi seremnya ngalah-ngalahin binatang lain. Gajah segede itu aja nggak seserem dia.. udah ah, nggak usah dilanjutin, jadi parno sendiri!!
kembali ke inti cerita.
Jadi, para pegawainya dapet jatah makan disitu, berhubung kita yang penelitian bukan pegawai, jadi kita nggak dapet jatah makan *eh kok keluar dari cerita lagi??* nah, jatah makan mereka itu dimasakin sama ibu-ibu yang emang kerja disitu khusus buat masak.
pas hari itu, yang masak seorang ibu muda kira-kira usianya belum 40 tahun, dia ngajak anaknya kesitu. anaknya cewek, umurnya kira-kira tiga tahunan lah, nggak bisa kira-kira umur orang sih sebenernya :D
pas pertama nyampe sama Bella, dia langsung ngoceh nggak beraturan di depan kita. awalnya kita bingung sama omongan anak ini.
"Mbak.. mbak.. aku due jeneng, jenenge Tika" (Terjemahan : Mbak, aku punya nama, namanya Tika)
lanjut.
"Mbak.. mbak.. aku due buku, iki pensile gawe nulis, iki karet gawe hapuse" sambil menunjukkan buku perpetak besar dan karet gelang yang melingkar di bagian atas pensilnya. (Terjemahan : Mbak, aku punya buku, ini pensilnya buat nulis, ini karet buat penghapusnya)
Merasa punya kesempatan godain anak orang, aku sama Bella beraksi. kita tanya-tanyain gitu, mulai udah sekolah apa belom, bukunya buat nulis apa aja, sampai "Heh, kamu kok jelek?"
gara-gara kita godain terus, akhirnya dia menunjukkan talentanya.. :D
dia nulis huruf 'B' di buku petaknya tersebut. aku nggak sadar kalau dia nulis di bagian tengah buku, bukan di bagian depan. Karena kita hobi ngerjain anak kecil, kita tanya itu huruf apa. dia kebingungan. rasanya pengen nelen sapi idup-idup saat itu juga. dia galau, seperti habis diguyur tomcat.
Dia bener-bener nggak bisa jawab, mungkin dia lupa dengan ajaran ibunya. dia lari ke dapur, laru berteriak, "Ma, iki mocoe opo??" (Terjemahan : Ma, ini bacanya apa?)
Nggak dijawab dengan jawaban sebenarnya, malah mamanya bentak-bentak dia, mukul-mukul, *Suaranya gitu sih yang kedengeran dari luar* "Ping piro wes diomongi, gak oleh nulis 'B' nulis 'A', ngerti? Neg nulis ojo tengah-tengah! mulai ngarep, mulai nduwur! wes, gak oleh nulis 'B' maneh! nulise iku 'A' gak 'B'. nulis 'A' gak iso-iso!! gok oleh nulis nang tengah maneh! mulai ngarep, mulai nduwur, urut! Arek kok goblok!!" (Terjemahan : Berepa kali dibilangin nggak boleh nulis 'B', nulis 'A' aja, ngerti? Kalau nulis jangan di tengah! mulai depan, mulai atas! udah, nggak boleh nulis 'B' lagi! yang ditulis itu 'A' bukan 'B'. nulis 'A' nggak bisa-bisa! nggak boleh nulis ditengah lagi! mulai depan, mulai atas, yang rapi! jadi anak kok bodoh!) gitu deh kira-kira, kurang kasar sebenarnya, tapi aku nggak bisa.
pas denger tuh anak dimarahin sama Mamanya, nggak kerasa air mataku netes, tes..tes..tes..
Aku cuma ngerasa, sebagai anak yang sering bandel, nggak pernah ngerasain dimarahin kayak gitu, bahkan sampe segede ini. lah dia, salah gitu aja udah dihajar habis-habisan. sumpah tuh emak, kalau aja dia nggak lebih tua, udah aku bentak balik!! nggak bisa ya ngajarin anak baik-baik? baru tau rasanya ntar kalau dijahatin sama anaknya!
nggak cuma itu, habis dimandiin tuh anak bisa diseret kayak tahanan. padahal kan anaknya!!
Cuma mau share sih, kalau aku ini beruntung banget punya orang tua seperti Ibuk dan Bapak. jadi kangen mereka.. *Mewek* meskipun kadang cara mereka mengarahkan anaknya agak keterlaluan, tapi pasti hasilnya terbaik buat kami, anak-anak mereka. Terima kasih Ibuk, Bapak.. Maaf, belum bisa membuat kalian bangga.. :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar